SEKILAS INFO
13-06-2024
  • 3 tahun yang lalu / SMK Negeri 1 Baubau Berbagi Berkah di Bulan Suci Ramadhan
  • 6 tahun yang lalu / Tema Akademi untuk Sekolah berbasis CMS WordPress, Rilis tanggal 11 Juli 2017
12
Sep 2022
0
One Mart Milik SMKN 1 Baubau Resmi ‘Launching’

Asrun Lio : “Luar Biasa SMKN 1 Baubau, Ini Sebuah Terobosan”

Peliput : Hasrin Ilmi

GAGASSULTRA, BAUBAU….Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara Drs. Asrun Lio, M.Hum, PhD resmi melauching One Mart Milik SMKN 1 Baubau Jumat (9/9). Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk Teaching Factory (TeFa) yang dikembangkan secara mandiri oleh SMKN 1 Baubau. Selanjutnya akan menjadi media untuk menunjang kegiatan belajar siswa.

One Mart yang merupakan Mini Market milik SMKN 1 Baubau sudah siap melayani masyarakat umum untuk pemenuhan kebutuhan pokok.

Menurut Asrun Lio yang juga Pj Sekda Sultra, inovasi yang dilakukan oleh SMKN 1 Baubau dengan menghadirkan sebuah Teaching Factory (TeFa) merupakan indicator kebersamaan tenaga pengajar dibawah koordinasi Kepala SMKN 1 Baubau. Ia menilai, untuk mempersiapkan sebuah inovasi seperti ini perlu persiapan yang matang. Untuk itu ia sangat mengapresiasi upaya ini. “Ini sebuah konsep dan terobosan dan pembelajaran langsung aplikasi, dimana dunia usaha diharapkan hadir dalam kegiatan belajar. Ini merupakan sebuah bentuk aplikasi pembelajaran yang patut diapresiasi, karena tidak mudah mempersiapkan hal seperti ini. Jadi saya ucapkan selamat kepada SMKN 1 Baubau karena telah menerjemahkan konsep belajar seperti ini,” kata Asrun Lio.

Teaching Factory ini tambah Asrun Lio, bukan hanya mengajak siswa untuk belajar, tapi langsung mengaplikasikan diri dan terlibat langsung dalam kegiatannya. Artinya ini pengalaman yang melengkapi teori dan model seperti ini akan menopang keberhasilan pembelajaran. “One Mart ini hanya salah satu contoh, tapi sekolah bisa mengembangkan dengan model lain, mungkin yang berhubungan dengan pertanian dan mesin untuk SMK yang sesuai dengan kejuruannya,” tambahnya.

Sementara itu Kepala SMKN 1 Baubau Rusdy, S.Pd, M.Pd mengatakan, ide menghadirkan One Mart ini sesuai dengan program sekolah yang merupakan hasil kesepakatan dari seluruh guru. Selain itu kerjasama yang dijalin dengan dunia usaha juga telah dilakukan sebelumnya. “Sebelumnya dalam kegiatan perencanaan juga telah dirintis oleh para guru yang mengikuti kegiatan magang di industry yang selanjutnya akan ditularkan kepada siswa, salah satunya dalam kegiatan Tefa di One Mart milik SMKN 1 Baubau,” ujar Rusdy.

Apresiasi juga disampaikan Kabid SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Johanes H Bawondes, S.Sos. M.AP. Ia memberikan dukungan kepada sekolah sekolah khususnya SMK untuk menjalin kerjasama dengan dunia usaha agar melengkapi kegiatan pembelajaran secara teoritis. “Selamat kepada SMKN 1 Baubau khususnya kepala Sekolah dan para guru karena telah melakukan terobosan. Ini sangat baik karena sekolah bukan hanya tempat untuk belajar tapi bagaimana mereka praktek langsung. Apalagi sudah mampu menghadirkan wadah bagi siswa untuk menerapkan teori pembelajaran seperti di SMKN 1 Baubau,” kata Johanes.

Di hari pertama pasca Launching, aktifitas kegiatan di One Mart sudah mulai dipadati para pengunjung**

Statistik




Daftar Guru

https://puskesmasbantarsari.cilacapkab.go.id/assets/ertp/ https://www.uncend.ac.id/ https://stakntoraja.ac.id/ https://www.upi-yptk.ac.id/ https://akness.ac.id/ http://uinsuska.ac.id/ https://wijayakusumasby.ac.id/ https://www.universitaspattimura.ac.id/ https://www.stikessu.ac.id/ https://www.dealerhondamedan.net/ https://www.kursusseomedan.com/ https://smknegeri1baubau.sch.id/detail/?daftar=gacor88 https://stakntoraja.ac.id/products/?daftar=kinghorse https://mantebingtinggi.sch.id/products/?daftar=slot138 https://pn-argamakmur.go.id/assets/?daftar=gurita168 https://mtsam.sch.id/products/?daftar=indo138 https://www.smkn1rongga.sch.id/assets/?daftar=koin303