SEKILAS INFO
24-04-2024
  • 2 tahun yang lalu / SMK Negeri 1 Baubau Berbagi Berkah di Bulan Suci Ramadhan
  • 6 tahun yang lalu / Tema Akademi untuk Sekolah berbasis CMS WordPress, Rilis tanggal 11 Juli 2017
18
Sep 2021
0
Wawali Baubau Pantau Lokasi Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK

Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau La Ode Ahmad Monianse, Kamis (16/9/2021) menyambangi lokasi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Di mana, dalam pelaksanaan Seleksi tersebut, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Baubau ditunjuk sebagai penanggung jawab.

“Kehadiran kami di lokasi pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK ini adalah, dalam rangka melakukan pemantauan tentang sejauh mana kesiapan tekniknya. Alhamdulillah Seleksi yang sudah berlangsung selama 4 hari ini dapat terlaksana dengan baik dan berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala apa pun,” ujar La Ode Ahmad Monianse saat ditemu usai kunjungannya tersebut.

Ditambahkan, selain melakukan pemantauan, kunjungannya ke lokasi Seleksi Kompetensi PPPK tersebut juga bertujuan untuk memberikan motivasi serta dukungan moril terhadap peserta. Pihaknya juga mengingatkan kepada para peserta, agar dapat menggunakan waktunya dengan baik dan tetap tenang dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan.

“Selain melakukan pemantauan, kami juga bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para peserta, agar tetap tenang dalam menjawab soal-soal yang di berikan, serta dapat menggunakan waktunya dengan baik. Karena secara teknis waktu dalam mengikuti seleksi itu sudah diukur untuk bisa menyelesaikan sejumlah soal yang diberikan,” imbuhnya.

La Ode Ahmad Monianse juga menuturkan, pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK tersebut baru pertama kali di laksanakan di Kota Baubau. Untuk itu pihaknya berharap, dengan adanya Seleksi tersebut, kebutuhan guru pada semua jenjang Pendidikan di Kota Baubau dapat terpenuhi, terutama pada tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP).

“Tentu kita juga berharap, melalui Seleksi Kompetensi PPPK ini, akan hadir guru-guru yang profesional, yang mampu memberikan edukasi dengan baik kepada anak-anak kita. Apalagi yang ikut seleksi ini sebagian besar adalah guru-guru honorer yang sudah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan dan selama ini merekalah yang mengisi kekosongan itu,” tuturnya.

Lebih lanjut Wawali Baubau ini juga menjelaskan, secara umum, pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK tersebut adalah untuk mengukur Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural. Selanjutnya akan ditutup dengan sesi Wawancara untuk mengukur integritas dan moralitas yang dilaksanakan dengan metode CAT-UNBK.

“Atas nama Pemerintah Kota Baubau kami juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara dalam hal ini SMK Negeri 1 Baubau. Yang telah menyediakan sarana prasarana, sehingga pelaksanaan Seleksi ini dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala apapun,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Baubau Rusdy, S.Pd., M.Pd. selaku penanggung jawab tempat Seleksi mengungkapkan, Seleksi Kompetensi PPPK tersebut sudah berlangsung sejak Tanggal 13 September 2021. Di mana kegiatan tersebut direncanakan akan berlangsung hingga Tanggal 17 September 2021.

“Kegiatan untuk Seleksi Kompetensi PPPK yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Baubau ini berlangsung mulai tanggal 13 sampai dan direncanakan hingga 17 September 2021. Tetapi karena jumlah peserta hanya 450 orang sehingga pelaksanaannya hanya sampai tanggal 16 April 2021, untuk hari Jum’at, kita break, kemudian kita lanjutkan hari Sabtu tanggal 18 April 2021,” ungkapnya.

Rusdy menjelaskan, untuk hari Sabtu 18 April 2021, pelaksanaan Seleksi Kompetensi dikhususkan bagi peserta yang belum sempat ikut pada tanggal 13 sampai dengan tanggal 16 April 2021. Peserta yang belum sempat ikut tersebut didasari oleh alasan tertentu, seperti kesalahan jadwal atau karena kondisi kesehatan (sakit).

“Tentu alasan-alasan itu haru ada keterangan yang mendukung, seperti keterangan dokter bagi yang sakit, atau print out jadwal yang mereka miliki berbeda dengan yang seharusnya mereka ikuti. Kalau persyaratan itu tidak bisa dipenuhi, maka mereka tidak bisa ikut Seleksi Kompetensi ini,” ujarnya.

Rusdi juga menuturkan, penggunaan tempat seleksi kompetensi, SMK Negeri 1 Baubau menyiapkan 2 ruangan. Di mana pada ruang satu disediakan 30 unit komputer untuk 30 peserta, dan untuk ruangan dua disediakan 29 unit komputer untuk 29 peserta. Selain itu, pelaksanaan Seleksi juga dibagi dalam dua sesi, dengan membagi 59 peserta sesinya.

“Kami sebagai penanggung jawab tempat Seleksi Kompetensi sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Baubau dan Provinsi Sulawesi Tenggara, yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyiapkan SMK Negeri 1 Baubau sebagai tempat seleksi ini,” tuturnya.

“Dengan penunjukan ini, kami merasa bahwa sarana prasarana SMK Negeri 1 Baubau dianggap memenuhi syarat untuk melaksanakan Seleksi Kompetensi ini. Mudah-mudahan, kalau ada kegiatan yang serupa di tahun-tahun berikutnya, baik itu seleksi CPNS atau Seleksi PPPK, SMK Negeri 1 Baubau kembali diberikan kepercayaan seperti ini,” tutupnya.

Penulis : RAZAK
Fotografer : RAZAK
Redaktur : MUH SAID IDU
Produksi : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : LA ODE DARUSALAM , S.Sos., M.Si. (Plt. Kepala Dinas KOMINFO Baubau)

Statistik




Daftar Guru

302 Found

302

Found

The document has been temporarily moved.